Pra Novisiat Claret – Kupang, Indonesia. Pada hari ini, Jumat, 13 Agustus 2021, bertepatan dengan peringatan para Martir Claretian dari Barbastro, Delegasi Independen Indonesia-Timor Leste menerima para postulan baru untuk menjalani masa postulansi mereka sepanjang satu tahun sebagai persiapan intesif untuk memasuki masa novisiat. Perayaan penerimaan ini yang seyogianya berlangsung di satu tempat, di Komunitas Pra Novisiat Claret Kupang, Indonesia, tetapi karena pandemi Covid-19 dan pembatasan perjalanan, maka calon postulant dari negara tetangga, Timor Leste tidak bisa hadir dan tahun ini menjalankan masa postulant di Pra Novisiat Hera, Timor Leste.

Perayaan Ekaristi penerimaan postulant di Pra Novisiat Claret Kupang, Indonesia, dipimpin oleh P. Nikolaus Ilan, cmf, Vicar dan Konsultor Dewan Delegasi Independen Indonesia-Timor Leste. Dalam homilinya, P. Niko, demikian sapaannya, mengundang ke-22 postulan untuk belajar dari semangat kemartiran saudara-saudara Martir Claretian di Barbastro, yang meskipun dalam usia mereka yang masih muda waktu, rela menumpahkan darah mereka demi Kristus. Komitmen untuk mengikuti Kristus ini tidak bisa suam-suam kuku. “Kita harus berani meninggalkan segala sesuatu untuk bisa mengikuti Kristus dengan bebas dan tanpa terikat pada keluarga, kepemilikan dan hal-hal yang menghambat kita untuk mengikuti Kristus dengan sepenuh hati,” demikan tegasnya.

Hadir dalam perayaan penerimaan ini, perwakilan anggota komunitas Seminari Hati Maria Kupang, perwakilan anggota komunitas Susteran MC dan anggota Komunitas Pra Novisiat Claret. P. Selestinus Panggarra, cmf selaku superior komunitas, mengucapkan proficiat kepada para postulant baru dan selamat memasuki masa postulant. Semoga masa postulant menjadi saat untuk semakin berakar pada pengalaman panggilan dan berani untuk memberi jawaban “ya” pada panggilan Allah.

Sementara perayaan penerimaan postulant di Komunitas Pra Novisiat Hera, Timor Leste, dipimpin oleh P. Norberto Tai Soco, cmf, Superior Komunitas Hera didampingi beberapa Misionaris Claretian yang berkarya di Hera dan Aimutin. Ada empat postulant dari Timor Leste, yang sebenarnya sudah bergabung sejak tahun 2020 lalu di Pra Novisiat Claret Kupang, tetapi karena pandemic Covid-19 yang tak kunjung hilang, ditambah kebijakan negara soal pembatasan kegiatan warga, maka keempat postulant ini menjalankan tahun postulansi mereka di Hera, Timor Leste. Semoga ziarah panggilan mereka juga semakin berakar dan berani keluar untuk menjawab dengan tulus panggilan Allah dalam hidup mereka. Proficiat untuk ke-26 postulan dalam Delegasi kita.