Hari Ibu Bumi Sedunia

Keluargaku Terkasih

Merayakan 22 April sebagai Hari Ibu Bumi Internasional berarti mengakui bahwa Bumi adalah rumah kita dan ekosistemnya memberikan kehidupan dan rezeki selama kita hidup.

Hari ini juga merupakan hari untuk memikirkan kembali dan menegaskan kembali tanggung jawab kita untuk mempromosikan keselarasan dengan alam untuk mencapai keseimbangan yang adil antara kebutuhan ekonomi, sosial, dan lingkungan untuk generasi sekarang dan yang akan datang.

Gaylord Nelson, senator Amerika Serikat, adalah promotornya dengan demonstrasi yang berlangsung pada tanggal 22 April 1970, yang menetapkan hari ini untuk menciptakan kesadaran bersama akan masalah kelebihan populasi, produksi polusi, konservasi keanekaragaman hayati, dan masalah lingkungan lainnya untuk melindungi Bumi.

Pada tahun 2009, hal ini secara resmi diproklamirkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Oleh karena itu, Ibu Pertiwi adalah ekspresi hidup yang menunjukkan saling ketergantungan antara manusia, spesies hidup lainnya, dan planet yang kita tempati.

Dekade PBB untuk Pemulihan Ekosistem 2021-2030 (The United Nations Decade for Ecosystem Restoration 2021-2030) terus berupaya memandu upaya Negara-negara Anggota untuk mencegah, menghentikan, dan membalikkan degradasi habitat kita, dalam rangka mencapai tujuan utama Agenda 2030: mengakhiri kemiskinan, melindungi planet ini, serta meningkatkan kehidupan dan prospek masyarakat di seluruh dunia. Negara-negara juga telah berulang kali mengindikasikan bahwa penipisan sumber daya alam secara global dan degradasi lingkungan yang cepat adalah hasil dari pola produksi dan konsumsi yang tidak berkelanjutan karena konsekuensinya yang merugikan planet ini dan semua makhluk hidup yang menghuninya: hilangnya keanekaragaman hayati, penggurunan, perubahan iklim, dan gangguan pada berbagai siklus alam.

Pada kesempatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang dipromosikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, Paus Fransiskus (Audiensi Umum 5 Juni 2013) meluncurkan seruan yang kuat untuk meningkatkan kesadaran, untuk menyadari dan bertindak secara pribadi dan dalam komunitas kita untuk menyatukan upaya-upaya yang dapat membantu meringankan situasi kemerosotan saudari kita, Ibu Pertiwi… dan mengingat bahwa “komitmen untuk “Memelihara dan menjaga” Ciptaan, alam, bukanlah masalah sekunder dalam kehidupan dan misi Gereja, tetapi merupakan bagian integral dari tugasnya untuk berkolaborasi dengan Tuhan dalam membuat seluruh Ciptaan, manusia dan semua makhluk lainnya memiliki kehidupan yang berlimpah dan berjalan menuju kelimpahan …” dan menambahkan “kita sedang menjalani saat krisis; Kita dapat melihatnya di lingkungan, tetapi di atas semua itu kita melihatnya pada diri manusia. Manusia berada dalam bahaya:

Hal ini benar, manusia saat ini berada dalam bahaya; Inilah urgensi ekologi manusia! Dan bahayanya serius karena penyebab masalahnya tidak dangkal, tetapi dalam: ini bukan hanya masalah ekonomi, tetapi juga etika dan antropologi.” Ekologi manusia dan ekologi lingkungan harus berjalan bersama.

Pada tahun 2015, Paus Fransiskus dalam Ensiklik Laudato si’ menantang kita dengan seruan yang kuat: Tantangan mendesak untuk melindungi rumah kita bersama mencakup keprihatinan untuk menyatukan seluruh keluarga manusia dalam mencari pembangunan yang berkelanjutan dan komprehensif, karena kita tahu bahwa segala sesuatunya dapat berubah. Sang Pencipta tidak meninggalkan kita, Dia tidak pernah mundur dari proyek cinta-Nya, Dia tidak menyesal telah menciptakan kita. Umat manusia masih memiliki kemampuan untuk berkolaborasi untuk membangun rumah kita bersama. Pada saat yang sama, dia mengakui, mendorong, dan berterima kasih kepada semua orang yang, di berbagai sektor aktivitas manusia, bekerja untuk memastikan perlindungan rumah yang kita miliki bersama.

Sayangnya, banyak upaya untuk mencari solusi konkret untuk krisis lingkungan cenderung frustrasi tidak hanya oleh penolakan dari pihak yang berkuasa, tetapi juga oleh kurangnya minat orang lain. Sikap-sikap yang menghalangi jalan menuju solusi, bahkan di antara orang-orang beriman, berkisar dari penyangkalan terhadap masalah hingga ketidakpedulian, sikap pasrah yang nyaman, atau kepercayaan yang membabi buta terhadap solusi teknis. Pada akhir pendahuluan, Paus Fransiskus mencantumkan serangkaian poros yang melingkupi seluruh ensiklik dan yang secara khusus akan ia tekankan:

– Hubungan intim antara orang miskin dan kerapuhan planet ini, keyakinan bahwa segala sesuatu di dunia ini saling terhubung, kritik terhadap paradigma baru dan bentuk-bentuk kekuasaan yang berasal dari teknologi, ajakan untuk mencari cara lain dalam memahami ekonomi dan kemajuan, budaya membuang dan usulan gaya hidup baru.

“Setiap tahun ratusan juta ton sampah dihasilkan. Bumi, rumah kita, mulai terlihat semakin mirip dengan tumpukan sampah yang sangat besar (Bdk. LS, no. 21).

“Pengucilan sosial, kekerasan, perdagangan narkoba, meningkatnya penggunaan narkoba oleh kaum muda, adalah tanda-tanda bahwa pertumbuhan selama dua abad terakhir tidak selalu mengarah pada kemajuan yang nyata” (Bdk. LS, no. 46).

“Lingkungan manusia dan lingkungan alam memburuk bersama-sama; kita tidak dapat memerangi degradasi lingkungan secara memadai kecuali jika kita memperhatikan penyebab-penyebab yang berkaitan dengan degradasi manusia dan sosial” (Bdk. LS, no. 48).

“Dapat diperkirakan bahwa, setelah sumber daya tertentu habis, tempat kejadian akan diatur untuk perang baru, meskipun dengan kedok klaim yang mulia” (Bdk. LS, 57).

Saudara-saudari, merayakan Hari Ibu Bumi meningkatkan kesadaran. Menyadari dan meningkatkan kesadaran adalah tugas semua orang, untuk bertanggung jawab, mendidik diri kita sendiri dan berkomitmen pada gaya hidup baru yang lebih berkelanjutan, manusiawi dan persaudaraan.

Semoga ruang doa ini, di mana kita terhubung sebagai sebuah keluarga, bersatu dalam semangat yang sama, membantu kita mempersiapkan hati kita untuk memperbaharui pandangan dan komitmen kita kepada Ibu Pertiwi, dalam kepedulian yang harus kita berikan dan terutama, untuk memperdalam pandangan kita dan mendengarkan mereka yang miskin, yang dikucilkan dan yang terpinggirkan.

Salah satu tantangan terbesar dari ekologi integral adalah untuk memahami hubungan yang ada antara krisis lingkungan dan krisis sosial. “Tidak ada dua krisis yang terpisah, satu krisis lingkungan dan yang lain krisis sosial, tetapi satu krisis sosial-lingkungan yang kompleks. Kita tidak dapat memisahkan penderitaan dari rumah kita bersama, jeritan bumi, penderitaan rakyat, terutama yang paling miskin. Untuk mendengar jeritan ciptaan, kita harus mendengar jeritan orang miskin, dan sebaliknya, jeritan orang miskin tidak dapat dipahami sepenuhnya jika kita tidak menghubungkannya dengan jeritan ciptaan. Di banyak negara, yang sudah sangat tereksploitasi dan miskin, seluruh masyarakat harus menanggung akibat dari perubahan iklim, peristiwa cuaca ekstrem dan bencana lingkungan. Dalam banyak kasus, gaya hidup Barat dan Utara di dunia adalah kaki tangan dalam eksploitasi: konsumerisme yang berlebihan menyebabkan pemiskinan di seluruh wilayah dunia. Bumi menjerit bersama dengan penduduknya.

“Segala sesuatu saling berhubungan, dan ini mengundang kita untuk mengembangkan spiritualitas solidaritas global yang mengalir dari misteri Tritunggal” (LS 240)

Kami mengundang Anda untuk mendengarkan dan membuka hati Anda terhadap misteri ini.

Hening

Saudara dan saudari: Kita membutuhkan pertobatan hati dan (pertobatan) di dalam praktik-praktik kita, karena tantangan lingkungan yang kita alami, dan akarnya yang berasal dari manusia, menarik perhatian dan berdampak pada kita semua. Marilah kita memohon pengampunan atas degradasi yang kita sebagai manusia yang terlibat di dalamnya.

Karena kita telah mencemari udara, air, tanah, awan, dan bahkan atmosfer yang mengelilingi dan melindungi kita. Karena penggurunan tanah yang telah kita eksploitasi, jarah dan jadikan steril bagi generasi yang akan datang. Tuhan, kasihanilah kami.

Untuk penderitaan jutaan orang yang mengalami pengucilan, kesengsaraan, kelaparan dan kekerasan dalam bentuk apapun karena sistem ekonomi predator yang memonopoli sumber daya alam yang menghancurkan tanah dan cara hidup mereka. Tuhan, kasihanilah mereka.

Karena kita tidak tahu bagaimana mengenali nilai yang tepat dari setiap makhluk, karena kita terus menganggap mereka sebagai objek yang dapat digunakan dan dikuasai dan kita belum belajar untuk merenungkan keindahan mereka dan mensyukuri kebaikan mereka dan menghormati integritas mereka. Tuhan, kasihanilah kami.

Karena kami telah menyimpang dari rancangan awal-Mu dan menganggap diri kami sebagai tuan dan penguasa, bukan sebagai administrator dan kolaborator dalam perwujudan Penciptaan yang lebih sempurna. Tuhan, kasihanilah kami.

Melihat begitu banyak bencana yang melanda planet kita dan setiap penghuni rumah kita bersama, Firman Tuhan menerangi kita untuk mengubah hidup kita:

Sabda Tuhan

Pembacaan dari Injil Lukas (TB Lk 10:25-37)

Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus, katanya: “Guru, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?” Jawab Yesus kepadanya: “Apa yang tertulis dalam hukum Taurat? Apa yang kaubaca di sana?” Jawab orang itu: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Kata Yesus kepadanya: “Jawabmu itu benar; perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup.”

Tetapi untuk membenarkan dirinya orang itu berkata kepada Yesus: “Dan siapakah sesamaku manusia?” Jawab Yesus: “Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati. Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan. Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan. Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali. Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?” Jawab orang itu: “Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya.” Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, dan perbuatlah demikian!”

Demikianlah Sabda Tuhan

Refleksi

Kata-kata Paus Fransiskus membantu kita berefleksi.

Kita dan Orang Miskin (dari Ensiklik Fratelli Tutti, 67)

“Perumpamaan  ini  menjadi  gambaran  yang  mencerahkan,  yang mampu menyoroti pilihan dasar yang perlu kita buat untuk  membangun kembali dunia yang menyakiti kita ini. Dalam menghadapi begitu banyak penderitaan dan luka-luka, satu-satunya  jalan  keluar  adalah  menjadi  seperti  orang  Samaria  yang murah  hati.  Pilihan  lain  apa  pun  akan  menuntun  kita  entah  ke  sisi para perampok atau ke sisi mereka yang lewat tanpa memiliki bela rasa atas penderitaan orang yang terluka di pinggir jalan. Perumpamaan  ini  menunjukkan  kepada  kita  inisiatif  mana  yang mampu  membangun  kembali  sebuah  komunitas,  mulai  dari  laki-laki dan perempuan yang menjadikan kerapuhan orang lain sebagai kerapuhannya sendiri, yang menolak pembangunan masyarakat yang  ditandai  dengan  pengucilan,  tetapi  menjadi  sesama  manusia dari orang yang jatuh, dan mengangkat serta memulihkannya, sehingga  kebaikan  itu  menjadi  kebaikan  bersama.  Pada  saat  yang sama, perumpamaan ini memperingatkan kita terhadap sikap tertentu  dari  mereka  yang hanya  peduli  pada  dirinya  sendiri  dan tidak  mau  menanggung  tuntutan-tuntutan  yang  tak  terhindarkan dari realitas manusia.”

Tanah dan Orang Miskin (dari Ensiklik Laudato Si’ 48, 50, 51, 52)

Lingkungan manusia dan lingkungan alam memburuk bersama-sama; kita tidak dapat memerangi degradasi lingkungan secara memadai kecuali jika kita memperhatikan penyebab yang terkait dengan degradasi manusia dan sosial. Faktanya, kerusakan lingkungan dan masyarakat berdampak pada orang-orang yang paling rentan di planet ini… Dampak dari ketidakseimbangan saat ini juga terlihat pada kematian dini banyak orang miskin, konflik yang dipicu oleh kekurangan sumber daya, dan sejumlah masalah lain yang kurang terwakili dalam agenda global (LS 48).

“Alih-alih menyelesaikan masalah orang miskin dan memikirkan bagaimana dunia dapat menjadi berbeda, beberapa orang hanya dapat mengusulkan pengurangan angka kelahiran. Kadang-kadang, negara-negara berkembang menghadapi bentuk-bentuk tekanan internasional yang membuat bantuan ekonomi bergantung pada kebijakan “kesehatan reproduksi” tertentu. Namun, “meskipun benar bahwa distribusi penduduk yang tidak merata dan sumber daya yang tersedia menciptakan hambatan bagi pembangunan dan pemanfaatan lingkungan yang berkelanjutan, tetap harus diakui bahwa pertumbuhan demografi sepenuhnya kompatibel dengan pembangunan yang integral dan bersama”. Menyalahkan pertumbuhan populasi alih-alih konsumerisme yang ekstrem dan selektif dari sebagian orang, adalah salah satu cara untuk menolak menghadapi masalah. Ini adalah upaya untuk melegitimasi model distribusi saat ini, di mana minoritas percaya bahwa mereka memiliki hak untuk mengkonsumsi dengan cara yang tidak akan pernah bisa disamaratakan, karena planet ini bahkan tidak dapat menampung produk limbah dari konsumsi tersebut. Selain itu, kita tahu bahwa sekitar sepertiga dari semua makanan yang diproduksi dibuang, dan “setiap kali makanan dibuang, seolah-olah makanan itu dicuri dari meja orang miskin” (LS 50).

“Ketidakadilan tidak hanya mempengaruhi individu tetapi juga seluruh negara; hal ini memaksa kita untuk mempertimbangkan etika hubungan internasional. “Hutang ekologi” yang sebenarnya ada, terutama antara dunia utara dan selatan, yang terkait dengan ketidakseimbangan komersial yang berdampak pada lingkungan, dan penggunaan sumber daya alam yang tidak proporsional oleh negara-negara tertentu dalam jangka waktu yang lama. Ekspor bahan mentah untuk memenuhi pasar di kawasan industri utara telah menyebabkan kerusakan di tingkat lokal, seperti misalnya polusi merkuri di pertambangan emas atau polusi sulfur dioksida di pertambangan tembaga. Ada kebutuhan mendesak untuk menghitung penggunaan ruang lingkungan di seluruh dunia untuk menyimpan residu gas yang telah terakumulasi selama dua abad… Pemanasan yang disebabkan oleh konsumsi besar-besaran di beberapa negara kaya telah berdampak pada daerah termiskin di dunia, terutama Afrika, di mana kenaikan suhu, bersama dengan kekeringan, telah terbukti menghancurkan pertanian. Ada juga kerusakan yang disebabkan oleh ekspor limbah padat dan cairan beracun ke negara-negara berkembang, dan oleh polusi yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan yang beroperasi di negara-negara yang kurang berkembang dengan cara yang tidak dapat mereka lakukan di rumah, di negara-negara tempat mereka menanamkan modalnya: “Kami mencatat bahwa sering kali perusahaan yang beroperasi dengan cara ini adalah perusahaan multinasional. Mereka melakukan apa yang tidak akan pernah mereka lakukan di negara maju atau yang disebut dunia pertama. Umumnya, setelah menghentikan kegiatan mereka dan menarik diri, mereka meninggalkan tanggung jawab besar terhadap manusia dan lingkungan seperti pengangguran, kota-kota yang ditinggalkan, menipisnya cadangan alam, penggundulan hutan, pemiskinan pertanian dan peternakan lokal, lubang-lubang tambang, bukit-bukit yang terkikis, sungai-sungai yang tercemar dan sejumlah pekerjaan sosial yang tidak lagi berkelanjutan” (LS 51).

“Utang luar negeri negara-negara miskin telah menjadi cara untuk mengendalikan mereka, namun tidak demikian halnya dengan utang ekologi. Dengan cara yang berbeda, negara-negara berkembang, di mana cadangan biosfer yang paling penting ditemukan, terus mendorong pembangunan negara-negara kaya dengan mengorbankan masa kini dan masa depan mereka. Tanah kaum miskin di bagian selatan kaya dan sebagian besar tidak tercemar, namun akses terhadap kepemilikan barang dan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan vital dihambat oleh sistem hubungan komersial dan kepemilikan yang secara struktural menyimpang” (LS 52).

Ditinggalkan di pinggir jalan (Ensiklik Fratelli Tutti, 63-66)

“Yesus bercerita tentang seorang pria yang diserang oleh penyamun dan terbaring terluka di pinggir jalan. Beberapa orang melewatinya, tetapi tidak berhenti. Mereka adalah orang-orang yang memiliki posisi sosial yang penting, namun tidak memiliki kepedulian yang nyata terhadap kebaikan bersama. Mereka tidak akan membuang waktu beberapa menit untuk merawat orang yang terluka itu, atau bahkan meminta bantuan. Hanya satu orang yang berhenti, menghampiri pria itu dan merawatnya secara pribadi, bahkan mengeluarkan uangnya sendiri untuk memenuhi kebutuhannya. Dia juga memberinya sesuatu yang di dunia yang hingar-bingar ini, kita sangat bergantung padanya: dia memberikan waktunya. Tentu saja, dia memiliki rencana sendiri untuk hari itu, kebutuhan, komitmen dan keinginannya sendiri. Namun, dia mampu mengesampingkan semua itu ketika berhadapan dengan seseorang yang membutuhkan. Tanpa mengenal orang yang terluka itu, ia melihat bahwa orang itu layak mendapatkan waktu dan perhatiannya” (FT 63).

“Siapakah di antara orang-orang ini yang Anda kenali? Pertanyaan ini, meskipun lugas, bersifat langsung dan tajam. Siapakah di antara tokoh-tokoh ini yang mirip dengan Anda? Kita perlu mengakui bahwa kita selalu tergoda untuk mengabaikan orang lain, terutama mereka yang lemah. Mari kita akui bahwa, untuk semua kemajuan yang telah kita capai, kita masih “buta huruf” dalam hal menemani, merawat, dan mendukung anggota masyarakat yang paling lemah dan rentan di negara maju. Kita telah terbiasa melihat ke arah lain, berlalu begitu saja, mengabaikan situasi sampai situasi tersebut mempengaruhi kita secara langsung” (FT 64).

“Seseorang diserang di jalanan kami, dan banyak yang bergegas pergi seolah-olah mereka tidak menyadarinya. Orang-orang menabrak seseorang dengan mobil mereka dan kemudian melarikan diri dari tempat kejadian. Satu-satunya keinginan mereka adalah untuk menghindari masalah; tidak peduli bahwa, karena kesalahan mereka, orang lain bisa mati. Semua ini adalah tanda-tanda pendekatan terhadap kehidupan yang menyebar dengan berbagai cara yang halus. Terlebih lagi, saat kita sibuk dengan kebutuhan kita sendiri, pemandangan seseorang yang menderita mengganggu kita. Hal ini membuat kita tidak nyaman, karena kita tidak punya waktu untuk memikirkan masalah orang lain. Ini adalah gejala masyarakat yang tidak sehat. Sebuah masyarakat yang mencari kemakmuran tetapi berpaling dari penderitaan” (FT 65).

“Semoga kita tidak tenggelam sampai sedalam itu! Marilah kita melihat teladan orang Samaria yang baik hati. Perumpamaan Yesus memanggil kita untuk menemukan kembali panggilan kita sebagai warga negara dari negara kita masing-masing dan seluruh dunia, pembangun ikatan sosial yang baru. Panggilan ini selalu baru, namun didasarkan pada hukum dasar keberadaan kita: kita dipanggil untuk mengarahkan masyarakat untuk mengejar kebaikan bersama dan, dengan tujuan ini, untuk bertekun dalam mengkonsolidasikan tatanan politik dan sosialnya, jalinan hubungannya, tujuan-tujuan kemanusiaannya. Dengan tindakannya, Orang Samaria yang Baik Hati menunjukkan bahwa “keberadaan setiap individu sangat terkait dengan keberadaan orang lain: hidup bukan sekadar waktu yang berlalu; hidup adalah waktu untuk berinteraksi” (FT 66).

Sharing

Untuk direnungkan atau disharingkan dalam komunitas

Ada hubungan yang erat antara orang miskin dan kerapuhan planet ini (LS 16).

Hubungan apa yang kita temukan antara kerusakan sosial dan lingkungan? Dapatkah kita memahami hubungan yang ada di antara keduanya?

Bagaimana saya menghayati hubungan pribadi dan komunitas saya dengan penderitaan orang lain dan dengan Ibu Pertiwi?

Bagaimana kita dapat menyertakan dalam doa pribadi dan komunitas kita jeritan orang miskin dan jeritan bumi?

Kami dengan bebas mengundang Anda untuk berbagi resonansi Injil dan teks-teks pilihan untuk refleksi kita.

Doa

Akhirnya, marilah kita berdoa bersama:

Kami berseru kepada-Mu:

Datanglah, Nafas Suci Tuhan, yang dicurahkan pada Tuhan yang baik hati, bumi dan kami, kami berseru kepada-Mu. Bersama dengan bumi, kami meminta Engkau membebaskan kami dari keserakahan, keegoisan dan ketidakpedulian. Bersama dengan udara, air, tanah dan angin, kami meminta-Mu untuk membantu kami menyingkirkan semua kontaminasi.

Bersama dengan hutan, burung-burung dan binatang, berikan kami kekuatan untuk tidak menghancurkan diri kami sendiri dan jaringan halus yang menghubungkan ekosistem kami dan semua kehidupan.

Bersama dengan masyarakat yang terpinggirkan, mereka yang tidak didengar, yang tidak berdaya, mereka yang berjuang dan mereka yang menderita, kami memohon kepada-Mu kekuatan untuk menjadi adil, berbelas kasih dan berbelas kasih.

Bersama dengan mereka yang berkuasa dan dalam posisi otoritas, kami memohon kebijaksanaan untuk menjadi administrator yang baik bagi rumah kita bersama.

Dan akhirnya, bersama dengan semua ciptaan dan semua orang, kami berterima kasih atas semua upaya Anda untuk memulihkan SAUDARIIBU BUMI kami. AMIN

Uskup Allwyn D’Silva, Uskup Auksilier dari Bombay. Bombay, India.

Para saudara dan saudari, Claret adalah seorang anak pada masanya, dia hidup dekat dengan realitas bangsanya, dia mengamati, dia meneliti dan menemukan “tanda-tanda zaman”; mengusulkan solusi dan memberikan aset, waktu dan energi serta kedamaiannya untuk melaksanakannya. Semoga semangat yang menjiwai Bapa Pendiri kita juga mendorong kita untuk menanggapi tanda-tanda dan tantangan zaman ini.

Merawat Ibu Pertiwi dengan memperlakukan mereka yang paling miskin merupakan cakrawala etis dari Ekologi Komprehensif. Pendidikan Ekologi dipenuhi dalam Spiritualitas Ekologi, ketika berpindah dari informasi lingkungan untuk mengambil lompatan persekutuan dengan Misteri (Bdk. LS 210)

Versi Bahasa Inggris ada dalam tautan berikut ini.

Kursus Online untuk Religius Yunior 2024 Bersama P. Yohanes Don Bosco Asmirudin, CMF, M.A.

Kupang, Indonesia. Delegasi Independen Indonesia-Timor Leste kembali mengadakan kursus online bagi para biarawan-biarawati yuniorat. Dalam kursus kali ini, didiskusikan tentang psikologi dalam hidup membiara. Kursus ini mengundang P. Yohanes Don Bosco Asmirudin, CMF, M.A. untuk menjadi pembicara. Tema yang diangkat dalam kursus ini adalah Aplikasi Psikologi Positif dalam Hidup Membiara.

Menurutnya, psikologi positif itu berbeda dengan cabang ilmu psikologi yang lain. Cabang psikologi yang lain dibaratkan sebagai lalat yang hanya mencari sampah, yakni hal-hal buruk yang ada dalam hidup. Sedangkan psikologi positif diibaratkan seperti lebah yang mencari hal-hal yang indah, seperti bunga. Nantinya, lebah akan menghasilkan madu. Demikian juga psikologi positif yang fokus mencari hal-hal yang baik dalam diri. Psikologi positif fokus pada kekuatan diri, bukan pada kelemahannya.

Untuk itu, psikologi positif membantu untuk membangun diri seorang religius, khususnya dalam hidup berkomunitas. Ketika seorang religius menyerap hal-hal positif untuk hidupnya, tentunya dia akan menjalani kehidupan dengan baik, dan panggilannya menjadi bertumbuh subur. Psikologi positif dapat menjadi alat yang berharga bagi setiap biarawan/wati dalam menjalani hidup bersama. Contoh prakteknya dalam kehidupan adalah bersyukur kepada Tuhan dalam Ekaristi dan doa pribadi, memberi pengampunan kepada orang lain dan meminta maaf atas kesalahan yang dibuat; dan menulis hal-hal baik dalam kehidupan.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip psikologi positif, para biarawan/wati dapat meningkatkan kebahagiaan, kesejahteraan, dan keefektifan dalam pelayanan mereka. Pada akhirnya, psikologi positif membantu kaum biarawan/wati hidup dalam sukacita Roh Tuhan. Kursus ini diikuti oleh biarawan/wati dari berbagai Kongregasi, seperti CMF, CB, FAdM, MI, SFMA, MISC, dan HMBN.

Galeri Foto

Deklarasi Paroki Santo Antonius Maria Claret, Tabak Kanilan

Pada Senin (8/4/2024), di Hari Raya Kabar Sukacita, Claretian Indonesia-Timor Leste tengah bersukacita. Bagaimana tidak, Keuskupan Palangka Raya mempercayakan Kongregasi Para Misionaris Putra-putra Hati Tak Bernoda Maria untuk menangani paroki baru. Paroki ini pun diberi nama Paroki St. Antonius Maria Claret.

Misa deklarasi paroki St. Antonius Maria Claret ini dipimpin langsung oleh Mgr. Aloysius Maryadi Sutrisnaatmaka, MSF, Uskup Keuskupan Palangka Raya. Bapa Uskup mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur atas pertumbuhan dan perkembangan Gereja di Keuskupan Palangka Raya. Dia mengharapkan agar pertumbuhan dan perkembangan itu juga terjadi di Paroki St. Antonius Maria Claret. Beliau juga mengingatkan agar paroki baru yang ditangani oleh para Claretian ini mau rendah hati dan belajar dari sesama Claretian yang telah menangani paroki lain (Paroki Melata dan Paroki Palurejo), yang juga berkembang baik.

Dalam sambutannya, P. Valens Agino, CMF, yang hadir selaku pimpinan Claretian Indonesia-Timor Leste, mengatakan bahwa perayaan di Hari Raya Kabar Sukacita ini memberi sukacita berlimpah kepada Kongregasi Para Misionaris Claretian. Sebab, deklarasi paroki baru dengan menggunakan nama St. Antonius Maria Claret sebagai pelindung paroki, bertepatan dengan tahun yubelium pendirian Kongregasi Para Misionaris Putra-putra Hati Tak Bernoda Maria yang ke-175. Untuk itu, beliau mengucapkan terima kasih kepada Bapa Uskup Mgr. Aloysius Maryadi Sutrisnaatmaka, MSF yang telah menerima usulan penggunaan nama St. Antonius Maria Claret sebagai pelindung paroki.

Secara simbolis, Mgr. Aloysius Maryadi Sutrisnaatmaka, MSF menyerahkan beberapa berkas paroki kepada P. Kristian Dodok, CMF, selaku Pastor Paroki St. Antonius Maria Claret, sebagai bentuk kepercayaan keuskupan kepada Claretian dalam mengelola paroki tersebut. Dalam menangani paroki ini, P. Kristian Dodok, CMF akan ditemani P. Patris Urbat, CMF sebagai pastor rekan, dan Fr. Inovasius S.P.D. Helan, CMF sebagai frater TOM-er.

Misa deklarasi Paroki St. Antonius Maria Claret ini dihadiri oleh para Claretian yang berkarya di Pulau Kalimantan, para imam diosesan keuskupan Palangka Raya, dan segenap umat Paroki St. Antonius Maria Claret yang tersebar di pusat paroki dan di 13 stasi, serta camat Gunung Bintang Awai dan beberapa kepala desa setempat.

Paroki St. Antonius Maria Claret terletak di Jl. Th. Ahim, RT 006, Desa Tabak Kanilan, Kec. Gunung Bintang Awai, Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Perlu diketahui bahwa memiliki misi di Tanah Borneo adalah mimpi dari Ko-Pendiri, P. José Xifré. Dan kini, dari mimpi itu, Kongregasi Para Misinaris Putra-putra Hati Tak Bernoda Maria telah memiliki tiga komunitas Claretian; Komunitas Claretian Paroki Melata, Komunitas Claretian Paroki Palurejo, dan Komunitas Claretian Paroki Tabak Kanilan. (Laporan P. Patris Urbat, CMF, Pastor Rekan Paroki St. Antonius Maria Claret, Tabak Kanilan)

Galeri Foto

Hari Misi Claretian 2024

Semoga Hari Misi Claretian berbuah manis bagi kalian semua, hari yang didedikasikan untuk merefleksikan, berbagi, dan berpartisipasi dalam mandat misioner yang telah kita terima dari Tuhan yang Bangkit.

Kita berada di tahun yubileum peringatan 175 tahun berdirinya Kongregasi kita yang dimulai oleh Pendiri kita, Santo Antonius Maria Claret dengan keyakinan yang jelas bahwa semangat yang dia dan para sahabatnya terima adalah untuk seluruh dunia. Hari ini kita hadir di semua benua dan di banyak daerah pinggiran perjuangan manusia. Marilah kita memperkuat jangkauan misioner kita dengan semangat yang lebih besar.

Paus Fransiskus, dalam pesannya untuk Hari Misi Sedunia 2024, mengingatkan kita, “Janganlah kita lupa bahwa setiap orang Kristen dipanggil untuk mengambil bagian dalam misi universal ini dengan memberikan kesaksiannya tentang Injil dalam setiap konteks sehingga seluruh Gereja dapat terus maju bersama Tuhan dan Gurunya ke “persimpangan jalan” di dunia saat ini.” Marilah kita bersama-sama melihat perjuangan saudara-saudari kita dengan belas kasih Tuhan dan menjadi tangan-Nya yang penuh perhatian.

Tema Hari Misi Claretian adalah “air”, yang merupakan simbol kehidupan. Di hadapan kita terdapat gambaran yang sangat indah tentang sungai kehidupan yang mengalir dari Yerusalem (bdk. Why. 22:1). Air menopang kehidupan. Di banyak misi terpencil, akses terhadap air bersih merupakan tantangan besar. Kita dapat membuat perbedaan bagi saudara-saudari kita di sana melalui partisipasi kita dalam proyek-proyek yang dipresentasikan oleh General Mission Procure.

Tuhan telah memberkati rumah kita bersama dengan sumber daya yang berlimpah. Kita mesti mengerjakan bagian kita untuk merawat dan berbagi menurut rancangan Sang Pemberi kehidupan. Kita mempersembahkan inisiatif misioner kita kepada Hati Maria Tak Bernoda, yang mengajarkan seni merawat satu sama lain dan rumah kita bersama dengan kelembutan hati Tuhan.

Tuhan memberkati kalian semua

P. Mathew Vattamattam

Pemimpin Umum

Roma, 5 April 2024

Kunjungan Penuh Cinta Komunitas Claretian Kuasi Paroki St. Paskalis, Diski dan Komunitas Kasih Tuhan Keuskupan Agung Medan ke Lapas II A Limau Mungkur, Binjai

Diski, Sumatra Utara. Komunitas Claretian Kuasi Paroki St. Paskalis, Diski bersama Komunitas Kasih Tuhan Keuskupan Agung Medan (KKT KAM) mengadakan kunjungan pelayanan ke Lapas II A Limau Mungkur, Binjai, pada Rabu (6/3/2024). Kunjungan ini bertujuan memberi dukungan moril kepada para warga binaan di lapas tersebut.

Rangkaian kunjungan tersebut diawali dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh P. Konstantinus Lakat, CMF. Kemudian dilanjutkan dengan sesi sharing dan animasi dari P. Konstantinus Lakat, CMF, Dkn. Yulius Cerliyono Neong, CMF dan rombongan KKT KAM.

Warga binaan lapas II A Limau Mungkur nampak sangat antusias dengan kunjungan tersebut tatkala sesi sharing diselingi dengan tarian-tarian dari Flores. Acara kunjungan diakhiri dengan perayaan syukur HUT kelahiran bagi warga binaan yang berulang tahun di bulan Februari.

Dalam pesan penutupnya, P. Konstantinus Lakat, CMF memberi peneguhan bagi semua warga binaan untuk selalu mensyukuri setiap pengalaman dalam fase kehidupan. Hidup adalah proses bukanlah pertempuran antara masa lalu dan masa sekarang. Masa kini bertumbuh dari masa lalu.

Kunjungan ini merupakan bukti nyata Gereja Katolik yang memperlihatkan bahwa kasih dan kepedulian dapat menjangkau semua orang, bahkan mereka yang berada di balik jeruji besi. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan secercah harapan dan motivasi bagi para warga binaan untuk kembali ke jalan yang benar dan menjadi pribadi yang lebih baik. (Laporan Dkn. Yulius Cerliyono Neong, CMF, dari komunitas Claretian Kuasi Paroki St. Paskalis, Diski)

Komunitas Seminari Hati Maria Berbagi Sukacita Bersama Anak-anak di Panti Asuhan Bakti Luhur, Biara Susteran ALMA Baumata.

Baumata, Kupang. Komunitas Seminari Hati Maria Kupang, mengadakan kunjungan ke Panti Asuhan Bakti Luhur, milik Para Suster ALMA Baumata, pada Rabu (6/3/2024). Kegiatan ini merupakan salah satu agenda Komunitas Seminari Hati Maria yang menjadi bagian dari aksi Valentine Day dan Aksi Puasa Pembangunan (APP) 2024.

Komunitas SHM berangkat dari rumah pada sore hari sekitar pukul 16:15. Ketika tiba di Panti Asuhan ALMA, para pater dan frater di sambut oleh para Suster ALMA dan segenap anak-anak panti. Kehadiran para pater dan frater tentunya mengundang sukacita bagi anak-anak panti. Hal itu terungkap dari raut wajah mereka saat menyambut para pater dan frater.

Fr. Oktovianus Oki, CMF dalam sambutannya mewakili para frater mengatakan bahwa kegiatan berbagi kasih ini adalah pengalaman pertama merayakan hari valentine di luar komunitas.

“Kegiatan ini adalah kegiatan pertama bagi komunitas Seminari Hati Maria dalam merayakan pesta valentine day. Biasanya para pater dan frater merayakan valentine day di dalam komunitas sekaligus tukar kado antara sesama anggota komunitas. Namun pada tahun ini, komunitas SHM bergerak keluar dengan tidak membagi kado di antara sesama anggota komunitas melainkan membagi kado tersebut kepada adik-adik yang ada di Panti Asuhan ALMA ini. Kegiatan ini muncul atas inspirasi dari para pater di komunitas Seminari Hati Maria”, ungkapnya. Lebih lanjut Fr. Oktovinus Oki, CMF menegaskan bahwa kegiatan kunjungan ini juga bagian dari kegiatan APP 2024.

Hal yang sama disampaikan oleh P. Fredy Yohanes Mema Lana, CMF. Bahwasannya kegiatan berbagi kasih ini merupakan bagian dari kegiatan APP 2024. “Para frater juga banyak menerima dari orang lain sebagaimana yang dialami oleh adik-adik dan juga para suster di tempat ini. Karena itu kami juga belajar untuk memberi dari apa yang telah kami terima. Kami belajar dari para suster ALMA bagaimana untuk setia dan semangat dalam melayani orang lain. Para suster dengan setia mendampingi anak-anak yang ada di panti ini”, ungkap P. Fredy Yohanes Mema Lana, CMF.

Para suster pun menyambut baik kehadiran para pater dan para frater dari komunitas SHM. Sr. Regina Ambu, ALMA mengatakan bahwa kehadiran para Claretian merupakan anugerah, sebab ALMA telah membangun kerja sama dengan Claretian selama bertahun-tahun, telah banyak membantu karya misi ALMA.

“Kami berterima kasih kepada para pater dan para frater karena sudah berkenan mengunjungi kami di tempat ini. Kami juga berterima kasih kepada Komunitas Claretian yang telah bekerja sama dengan kami selama bertahun-tahun. Setiap tahunnya kami selalu mendapat frater yang berkarya kerasulan di tempat kami. Tentunya kehadiran para frater sangat membantu kami di komunitas ini”, ungkap Sr. Regina Ambu, ALMA dalam sambutannya mewakili Komunitas para suster ALMA-Baumata.

Sr. Regina Ambu, ALMA juga membagikan pengalamannya tentang karya misi yang mereka jalani saat ini. Ia mengatakan bahwa para suster ALMA tidak hanya berkarya untuk anak-anak di panti tetapi juga membantu dan melayani mereka yang lain di luar panti.

“Kita tidak ingin cinta yang kita miliki hanya dirasakan oleh anak-anak di panti tetapi mereka yang diluar juga harus merasakan cinta yang sama. Kami juga merasakan cinta dari anak-anak yang kami layani, dengan itu membuat kami tidak berhenti untuk berbuat baik”.

Sr. Regina Ambu, ALMA menuturkan bahwa kehidupan “berbagi” begitu kuat digaungkan dalam kehidupan para suster ALMA. Baginya, para suster ALMA tidak memiliki apapun untuk memberi, tetapi dari kekurangan tersebut, mereka mendapat dari orang lain dan bisa menyalurkan kepada yang membutuhkan

“Kami tidak memiliki sesuatu yang lebih untuk kami berikan kepada mereka yang membutuhkan, namun dari kekurangan yang kami miliki kami berbagi untuk yang lain. Semakin banyak kita memberi semakin banyak juga kita menerima dari orang lain. Tentu banyak tantangan yang dialami oleh para suster namun dengan bantuan banyak pihak semuanya dapat diatasi dengan baik”.

Setelah suster menyampaikan ungkapan hati atas kehadiran anggota Komunitas Seminari Hati Maria, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bingkisan-bingkisan kasih yang telah disiapkan oleh Komunitas Seminari Hati Maria. Penyerahan ini dilakukan oleh P. Viktor Doddy Sau Sasi, CMF, dan Fr. Petrus Krisologus Bheo, CMF. Acara selanjutnya adalah foto bersama dengan segenap anak-anak panti dan para suster yang berkarya di Komunitas tersebut. Usai foto bersama lanjut dengan beberapa dinamika yang telah disiapkan oleh para frater yang dianimasi oleh Fr. Hubert Eko Setiawan CMF.

Kegiatan ini berlangsung penuh dengan sukacita. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan yang dibawakan oleh para frater. Kegiatan yang berlangsung hampir dua setengah jam ini,memetik banyak makna dari para frater. Tentunya kegiatan ini memberi makna formatif yang mendalam bagi para frater di komunitas Seminari Hati Maria dan menimbah semangat dalam ziarah kemuridan sebagai pengikut Kristus.

Makna formatif seperti nilai ketulusan, kesetiaan, kesabaran, semangat dan penuh cinta melayani sebagaimana yang telah ditunjukan oleh Para Suster ALMA adalah buah-buah yang dapat dipetik oleh komunitas Seminari Hati Maria. Akhirnya, para frater tidak henti-hentinya bersyukur kepada Tuhan atas pengalaman yang penuh makna tersebut. (Laporan Fr. Damian De Veuster Darvis Tarung, CMF, anggota Komunitas Seminari Hati Maria)

Galeri Foto

Kursus Project Management and Donor Agencies

Kupang, Indonesia. Pada 13-16 Februari 2024, P. Kalixtus Kapistrano, CMF (Sekretaris Prokura Misi Delegasi Independen Claretian Indonesia Timor Leste) mengikuti Kursus Manajemen Proyek bersama Tulip. Kursus yang dilaksanakan secara online ini diikuti peserta dari negara-negara di Afrika dan Asia. Para peserta berjumlah 62 orang. 44 orang diantaranya berbahasa Inggris dan 18 berbahasa Prancis. Peserta terdiri dari 17 suster, 22 pastor, 7 bruder dan 16 awam. Menurut perbedaan gender terdapat 18 perempuan dan 44 laki-laki.

Kegiatan dimulai tepat pukul 08:00-17:15 waktu London (16:00-01:15 WITA) dengan istirahat singkat yang diselingi sepanjang hari. Kursus dipimpin oleh narasumber berpengalaman dalam bahasa Inggris dan Perancis. Hari pertama khusus mempelajari seluk-beluk perencanaan proyek, dengan fokus pada manajemen siklus hidup proyek. Kursus selalu dibagi menjadi empat sesi menarik, masing-masing berdurasi satu jam lima belas menit.

Hari kedua, peserta khusus mempelajari penulisan proposal proyek yang difasilitasi oleh dua pemateri yang membahas berbagai topik penting sepanjang hari. Dua sesi pertama dipimpin oleh P. Dr. Lord Winner CMF, berfokus pada metodologi menganalisis masalah, maksud atau tujuan proyek. Sesi berikutnya, dipimpin oleh Percy Patrick yang membahas tentang perencanaan kegiatan proyek. Kegiatan hari kedua ini ditutup oleh Ramón Álvarez, Koordinator Asia untuk Manos Unidas, berbagi wawasan mengenai misi, sejarah, dan kriteria dukungan proyek organisasi tersebut.

Eksplorasi materi terus berlanjut. Hari ini khusus membahas rancangan proyek dan presentasi badan donor. Peserta dituntun untuk memperhatikan aspek-aspek penting dari Fase Desain Proyek, dengan fokus pada Manajemen Keuangan, Manajemen Risiko, dan Pelaporan. Puncak acara pada hari ini adalah presentasi dari Badan Donor Missio Munich, yang disampaikan oleh Branka Begic, Program Officer untuk Asia.

Para peserta mengalami pergeseran fokus dari ketelitian dalam menulis proposal proyek ke bidang penting dalam pemantauan proyek dan hubungan donor. Kursus hari terakhir lebih menyoroti aspek-aspek penting dari efektivitas manajemen proyek dan membina hubungan dengan lembaga-lembaga donor. Pelatihan diakhiri dengan sesi tanya jawab yang menarik, diikuti dengan ucapan terima kasih yang tulus dari Percy Patrick.

Di akhir sesi, peserta memperoleh informasi tentang dua peluang kursus yang akan datang pada tahun 2024 yakni Pelatihan online “Penggalangan Dana Kontemporer – Metode dan Strategi”, pada 14-16 Mei 2024 mendatang; dan “Lokakarya Manajemen Proyek dan Penggalangan Dana – Tingkat Mahir” yang akan diadakan di Dubai dari pada 2-6 September 2024.

Umumnya setiap Kongregasi atau Tarekat dan Keuskupan mengirim satu anggota. Peserta terbanyak adalah dari SVD sebanyak 10 orang. Jika menurut negara, peserta terbanyak adalah dari Ethiopia (13 orang), disusul Chad dan Nigeria masing-masing 8 orang. Sedangkan P. Kalixtus Kapistrano, CMF menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia. (Laporan P. Kalixtus Kapistrano, CMF, peserta kursus “Project Management and Donor Agencies)

Studio Claretian Music Production Diberkati, Bukti Keterlibatan Claretian dalam Pewartaan Digital

Lasiana, Kupang. Sabtu, 17 Februari 2024 menjadi hari bersejarah bagi Claretian Indonesia-Timor Leste. Pasalnya, P. Valens Agino, CMF baru saja memberkati studio Claretian Music Production. Studio tersebut berada di Komunitas Seminari hati Maria, Kupang.

Keberadaan studio Claretian Music Production ini merupakan bukti nyata komitmen Claretian dalam berkarya dan mewartakan Kerajaan Allah di era digital. Di tengah perkembangan teknologi yang pesat, Claretian ingin memanfaatkan platform digital untuk menjangkau lebih banyak orang dengan karya-karya yang inspiratif dan edukatif.

Pengerjaan studio ini memakan waktu hampir sebulan. Studio tersebut didesain sendiri oleh P. Fredy Yohanes Mema Lana, CMF. Selain itu, ada juga beberapa frater dari Komunitas Seminari Hati Maria yang turut membantu mengerjakan studio tersebut.

Dalam acara pemberkatan studio tersebut, hadir pula P. Fredy Yohanes Mema Lana, CMF selaku penanggungjawab studio, P. Viktor Doddy Sau Sasi, CMF dan beberapa frater komunitas Seminari Hati Maria.

Semoga keberadaan studio Claretian Music Production ini membuat Allah semakin dikenal, dicintai, dilayani, dan dipuji oleh semua makhluk, agar semakin banyak jiwa diselamatkan.

Fratres Claretian Berkaul Kekal Saling Berbagi Pengalaman Hidup dalam Pertemuan Online

Kupang, NTT. Para fratres Claretian berkaul kekal dalam Delegasi Independen Indonesia-Timor Leste mengadakan pertemuan online yang hangat melalui aplikasi Zoom pada Rabu (14/2/2024). Pertemuan yang diikuti oleh para fratres yang sedang menjalani tugas perutusan di berbagai tempat misi ini menjadi ajang bertukar cerita dan saling menyemangati dalam pelayanan.

Didampingi oleh P. Valens Agino, CMF, P. Viktor Doddy Sau Sasi, CMF, dan P. Yoseph Ferdinandus Melo, CMF, para frater secara terbuka berbagi pengalaman hidup mereka selama bertugas di tempat misi masing-masing, baik di paroki maupun di rumah formasi. Mereka bercerita tentang suka duka yang dihadapi, tantangan yang ditemui, serta kisah inspiratif yang mereka jumpai dalam perjalanan pelayanan mereka.

Pertemuan singkat ini menjadi momen berharga bagi para frater untuk kembali menimba semangat dan motivasi dalam menjalani panggilan hidup sebagai Claretian. Hal itu terlihat dari masukan dan saran yang diberikan oleh para pater yang mendampingi selama pertemuan. Para pater berharap agar para frater bisa tetap menjaga ritme hidup rohani selama bermisi di tempatnya masing-masing, khususnya tentang doa pribadi.

Meskipun dilaksanakan secara virtual, pertemuan ini berhasil menciptakan suasana hangat dan penuh kekeluargaan. Para fratres merasa terhubung satu sama lain dan mendapatkan dukungan serta semangat yang mereka butuhkan.

Sosialisasi Dokumen Asembli 2023 kepada Para Superior Lokal

Kupang, NTT. Pada 12-13 Februari 2024, para Dewan Delegasi bersama para superior lokal mengadakan pertemuan bersama online via aplikasi zoom. Dalam pertemuan tersebut, para Dewan mensosialisasikan Dokumen Asembli 2023: Berakar, Bertumbuh, dan Berbuah kepada para superior lokal.

Hari pertama pertemuan dibuka dengan presentasi singkat dari P. Yoseph Ferdinandus Melo, CMF. Presentasi ini membicarakan seputar komunitas dari dokumen-dokumen, Fraternal Life in Community dan dari Konstitusi-Direktori. Kemudian, kesempatan kedua diisi oleh P. Valens Agino, CMF yang mensosialisasikan isi dari Dokumen Asembli 2023: Berakar, Bertumbuh, dan Berbuah.

Sedangkan pada hari kedua, pertemuan berlanjut dengan sosialisasi Action Plan Delegasi. Pada bagian ini, P. Viktor Doddy Sau Sasi, CMF, P. Eugenius Paul Madoni, CMF, dan P. Kristian Paskalis Cangkung, CMF masing-masing mensosialisasikan tiga kata kunci dalam Action Plan, yakni berakar, bertumbuh, dan berbuah beserta tekad, aksi, animator dan waktu pelaksanaannya.

Sosialisasi Dokumen Asembli 2023 ini memberi dampak positif kepada para superior lokal. Pasalnya sosialisasi dokumen ini memberikan pengetahuan yang baik kepada para superior sebelum membuat proyek komunitas. Sebab, dokumen Asembli 2023 ini menjadi landasan dalam pembuatan proyek komunitas.