Pra Novisiat Claret, Kupang. Delegasi Independen Indonesia-Timor Leste tengah berbahagia. Rabu, 31 Juli 2019, di Komunitas Pra Novisiat Claret Kupang, keempat puluh pemuda memberanikan diri untuk bergabung bersama Komunitas Para Misionaris Claretian. Keempat puluh pemuda ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Ada yang berasal dari Pulau Timor, Pulau Flores, Pulau Sumba, ada yang dari tanah Batak, dan yang terbaru berasal dari Tangerang (Jawa Barat). Keberadaan mereka dalam komunitas ini menunjukkan wajah Delegasi yang semakin multikultur.

Dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh P. Frederikus Jampur, CMF – Konsultor dan Prefek Kerasulan Delegasi, keempat puluh saudara ini diterima sebagai Aspiran Claretian 2019/2020 untuk mulai mengenal semangat hidup St. Antonius Maria Claret dalam mengikuti Kristus, Misionaris Bapa. Dalam homilinya, P. Fredy, CMF mengingatkan para aspiran agar mencontohi Musa. Menurutnya, karena keseringan bertemu Allah, Musa memiliki wewangian Allah. “Perjumpaan Musa dengan Allah, maka Musa berbau Allah”, tandasnya.

Lebih lanjut, P. Fredy, CMF menenkankan agar para misionaris Claretian, khususnya para aspiran baru, senantiasa memiliki wewangian Allah itu. “Kita misionaris mesti menjadi orang yang berbau Allah,” katanya. Agar seseorang memiliki wewangian Allah itu, para aspiran diajak untuk meninggalkan segala sesuatu agar dimampukan hidup dalam budaya baru. Dengan begitu, orang bisa bebas hidup secara baru dan bisa memiliki wewangian Allah. “Meninggalkan segala sesuatu, untuk hidup dalam suatu keadaan yang baru, dengan aturan, agar bisa berbau Allah. Aturan adalah sarana agar menjadi misionaris berbau Allah”, jelasnya.

Hadir dalam perayaan ini komunitas-komunitas Claretian terdekat: Seminari Hati Maria, Claretian House, Taman Ziarah Yesus Maria Oebelo, Novisiat Claret Benlutu, suster-suster MC dan beberapa anggota keluarga dari para aspiran baru. Sukacita bersama ini diteruskan dalam ramah-tamah bersama dan joget-ria bersama.

Keempat puluh aspiran baru ini akan ditempah di Komunitas Pra Novisiat Claret Kupang. Kita berharap semoga mereka senantiasa kuat dalam menjawab panggilan Allah sebagai seorang Claretian dan menjadi misionaris yang berbau Allah. Selamat bertualang bagi para Aspiran baru (Mario F. Cole Putra, CMF – TOP-er Novisiat Claret Benlutu)