Nemi, Italia. 30 Agustus 2021. Hari yang istimewa dan sangat menyenangkan.Komunitas Kapitel melanjutkan perjalanannya. Sebuah kapitel yang dapat dimengerti dari berbagai sudut pandang. Mereka yang berpartisipasi dalam Kapitel Umum XXVI ini mencoba menemukan bahwa setiap momen memiliki kepentingannya sendiri, dari yang tampaknya biasa hingga yang dianggap paling penting. Hari ini bukanlah hari yang biasa: sebab dalam kalender ditandai sebagai tanggal pemilihan Pemimpin Umum.Seperti hari-hari lainnya, sekitar pukul enam pagi, kapela sudah didatangi beberapa bapa kapitel. Beberapa saat kemudian, ketika Sakramen Maha Kudus tahtahkan, jumlah bapa kapitel bertambah sedikit demi sedikit. Pada pukul tujuh Misa votiv Roh Kudus dimulai. Seperti biasa, alba putih bercampur dengan kehadiran penuh sukacita dari para bapa kapitel yang merupakan Misionaris Bruder.Dalam kapitel kali ini terdapat banyak hal untuk dirayakan. Bersama dengan P. Ronaldo Mazula, CMF, peserta kapitel dari Brazil yang merayakan hari ulang tahunnya, diumumkan dengan gembira juga bahwa setelah dua tahun mengurus VISA, akhirnya dua Frater dari India hari ini dapat melakukan perjalanan ke negara tempat misi baru mereka. Dari semuanya ini ada lagi kegembiraan karena melihat lima konfrater dari India, yang telah berpartisipasi sejak awal dalam Kapitel, yang meninggalkan karantina wajib dan akhirnya tiba di Eropa dan setelah beberapa hari karantina di Nemi, mereka bergabung dalam kapitel umum secara langsung untuk pertama kali.Dengan ketepatan waktu yang dibedakan dari seluruh pertemuan, para bapa kapitel memulai pertemuan mereka pada pukul sembilan. Sebuah teks Injil menurut Yohanes (Bab 21) pertama kalinya digemakan pada hari ini. Fasilitator mendorong para perwakilan untuk mendengarkan kehendak Roh secara mendalam untuk berdialog dengan penuh transparansi dan keterbukaan, mempertanyakan kemungkinan pra-penilaian dan kepentingan yang tidak terfokuskan. Percakapan bebas dan rahasia, secara berpasang-pasangan, juga diadakan di kapel dan dalam suasana doa.Setelah setengah jam istirahat dan setengah jam adorasi lagi di hadapan Sakramen Mahakudus, dengan hanya mereka yang hadir di aula kapitel yang memiliki hak ketat untuk melakukan pemilihan, nomor-nomor Konstitusi dan Direktori Kongregasi yang berkaitan pun dibacakan, dan pemungutan suara dilakukan sesuai dengan instruksi yang diterima dari Tahta Suci. Dua orang anggota kapitel, yang tidak dapat meninggalkan negaranya atau mengirimkan suaranya melalui pos, secara resmi mengundurkan diri untuk melaksanakannya, sehingga jumlah pemilih ditetapkan menjadi 76 orang. Sekretaris kapitel, didampingi oleh dua orang anggota kapitel sebagai saksi, mengumpulkan suara dari dua saudara-saudara yang dikarantina di kamar mereka. Mathew Vattamattam, Superior Jenderal dari 2015 hingga 2021, terpilih kembali untuk pelayanan ini setelah memperoleh suara mayoritas mutlak dalam pemungutan suara pertama.

Setelah memenuhi prosedur yang ditetapkan, P. Gonzalo Fernández, wakil ketua kapitel, bertanya kepada superior general terpilih apakah dia menerima keinginan para konfrater? Setelah meminta untuk hening sejenak, P. Mathew menjawab ya, mengacu pada panggilan untuk berakar di dalam Tuhan dan dalam karisma yang diterima dan berani dalam menanggapinya, dan poin-poin yang sangat ditekankan dalam perjalanan kapitel, serta mempercayakan dirinya pada bantuan Tuhan dan kepada para konfrater. Mereka menyambut kata-katanya dengan tepuk tangan yang hangat dan penuh syukur dan, setelah pemilihan dinyatakan resmi dan sah, semua menunjukkan rasa hormat dan terima kasih mereka kepada P. Mathew, sambil menghindari pelukan yang biasanya diberikan (demi kehati-hatian pada covid) namun mereka menyapanya dari hati.

Hanya butuh beberapa menit bagi media sosial dan telepon untuk mengucapkan selamat kepada Superior Jenderal baru dalam Kongregasi. Salam, penuh kasih sayang, datang dari seluruh dunia dan dari seluruh keluarga Claretian. Peresmian, yang juga mendalam dan mengharukan, mengumpulkan seluruh komunitas kapitel di kapel, di mana P. Mathew memimpin pada waktu doa dan meminta restu dari semua anggota.

Setelah menikmati hidangan yang sehat, namun dalam suasana penuh sukacita, para bapa kapitel melanjutkan pekerjaan mereka di ruang kelas, sambil membiarkan diri mereka istirahat ekstra setengah jam. Pada sesi siang, atas permintaan Pater General, mereka membahas struktur yang harus dimiliki dalam kepemimpinan mereka di tahun-tahun mendatang, yang akan mereka dedikasikan dalam beberapa hari ke depan.

Perayaan Vesper dan hasil bahagia dari tes covid malam yang diberikan kepada semua anggota kapitel mengakhiri hari yang sangat intens ini, tetapi di atas semua itu, ada sukacita. Komunitas Kapitel, bersama dengan ribuan pria dan wanita dari seluruh dunia, mengatakan hari ini sebagai: Magnificat! (Ringkasan Kronik Kapitel Umum XXVI oleh Frs. Engel, Yohan & Julio)