Nemi, Italia. 31 Agustus 2021. Pertemuan pertama di hari terakhir dalam bulan Agustus berlangsung di seputaran altar Tuhan. Juan Carlos Bartra, Provinsi Peru-Bolivia, memimpin dan meminta peserta kapitel untuk berdoa bagi semua komunitas Kongregasi. Masing-masing dari mereka adalah kelompok kerasulan, Gereja lokal kecil, yang mana di dalamnya Injil menjadi hidup dan misi.

Setelah berdoa untuk komunitas yang hadir di seluruh dunia, peserta kapitel beralih pada discermen tentang organisasi dan profil tim pemerintah baru, yang bekerja sama dengan P. Mathew Vattamattam, yang akan memimpin Kongregasi selama enam tahun ke depan. Di aula kapitel, setelah mendengarkan proposal organisasi yang diajukan oleh Superior Jenderal yang baru terpilih, suara-suara dari semua benua bergema. Kata-kata beberapa hari terakhir telah mengambil warna baru. Waktunya telah tiba untuk mulai membentuk mimpi-mimpi; dan, sebagaimana yang telah kita lakukan sejak Kapitel dimulai, percakapan ganda telah menyalurkan semua energi.

Dialog pertama berlangsung di aula kapitel; dalam pertukaran ide-ide dan masukan-masukan yang kaya, dimana peserta kapitel menerima proposal untuk struktur pemerintahan yang sangat mirip dengan masa jabatan enam tahun sebelumnya. Kedua, kami pergi ke kapel di mana peserta kapitel melakukan diskusi rahasia dalam kelompok empat orang. Ini adalah cara untuk saling membantu membedakan siapa orang yang paling cocok untuk membentuk tim pemerintah. Hasil kerja pagi itu tercermin dalam persiapan konsultasi atau survei, dengan nama-nama konsultan umum dan prefektur.

Pada sesi sore, dimoderatori oleh P. Rosendo Urrabazo, yang berfokus pada hal-hal yuridis, mengenai kriteria Konstitusi provinsi dan delegasi, serta perwakilan organisme mayor dalam Kapitel Umum. Terlepas dari kompleksitas subjek, kinerja moderator yang baik memastikan bahwa semua pertanyaan diklarifikasi dan ditangani dengan kompetensi yang diperlukan, mencapai kesepakatan yang memuaskan untuk semua. Kapitel telah melakukan pekerjaan yang sangat baik sebagai sebuah tim.

Kami menutup hari dengan berdoa untuk Provinsi Peru-Bolivia dan berterima kasih kepada mereka atas pekerjaan misionaris mereka. Besok kita memiliki “hari pemilihan”, hari yang didedikasikan untuk pemilihan para Penasihat Umum. Kami meminta doa-doa dari saudara-saudara sekalian. (Ringkasan Kronik Kapitel Umum XXVI oleh Frs. Domi & Lian)