Nemi, Italia. 30 Agustus 2021. Pada sesi pagi senin 30 Agustus 2021, Kapitel kembali memilih P. Mathew Vattamattam CMF, sebagai Superior General Kongregasi Misionaris Claretian.

Hari pemilihan dimulai pukul 7:00 pagi, dengan perayaan Ekaristi. Dalam perayaan ekaristi, terang Roh Kudus dimohon untuk membimbing proses disermen dan transendental bagi kehidupan Kongregasi kita.

Pemilihan ini secara resmi dilangsungkan di ruangan aula kapitel pada pukul 9:00, dengan dihadiri 74 bapa kapitel. Dua di antaranya megikuti pemilihan dari kamar dikarenakan masih melakukan karantina. Dan dua orang lagi, tidak dapat melakukan perjalanan ke Roma karena pembatasan Covid-19 di negara masing-masing. Sesi ini dimulai dengan doa Apostolik yang penuh hikmah.

Kemudian, para bapa kapitel berkumpul di kapela di hadapan Yesus Sang Guru untuk berdoa agar proses pemilihan Superior General senantiasa dibawa inspirasi Roh Kudus. Pemilihan tersebut dimulai di ruangan kapitel pada pukul 11:30.

P. Gonzalo Fernández CMF, sebagai moderator yang memoderasi sesi tersebut, memberikan pertanyaan terkait penerimaan hasil pemilihan. Terkait hal itu, P. Mathew menjawabnya dengan bersedia menerima tanggung jawab besar ini. Kata-katanya disambut meriah oleh para bapa kapitel dengan tepuk tangan hangat dan kemudian mereka semua pun bangkit untuk menyapa dan mengucapkan selamat kepadanya.

P.Mathew Vattamattam, CMF, lahir pada tanggal 30 Mei 1959 di Kalathoor, Kerala (India), Paroki St. Maria, Kalathoor.

Dia memulai studi dasarnya di sekolah St. Maria, Kalathoor. Setelah itu ia melanjutkan studinya menegah atas di St. John, Kanjirathanam.

Ia mulai bergabung dalam kongregasi Claretian di komunitas Claret Bhavan di Kuravilangad pada tanggal 3 Juli 1974. Dia mengikrarkan kaul perdananya pada tanggal 31 Mei 1978 dan kaul kekalnya pada tanggal 31 Mei 1984. Ia kemudian ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 10 Mei 1986.

Dari tahun 1986-1987 ia dipercayakan sebagai promotor panggilan dan formator bagi aspiran di Claret Bhavan, Kuravilangad. Pada tahun 1987-1988 ia dipercayakan sebagai Promotor Panggilan dan formator seminari menengah di belgaum. Dari tahun 1988-1989 ia ditugaskan sebagai Pastor Paroki St. Maria, Champakulam, Kerala.

Dari tahun 1989-1994 ia melanjutkan studi Licentiate dalam Teologi Sistematis dan Licentiate dalam Psikologi di Universitas Gregorian, Roma.

Pada tahun 1994-1996 ia dipercayakan sebagai Direktur Claret Nivas Retreat House dan magister Novis di Bangalore. Dari tahun 1996-2003 ia ditetapkan untuk menerima tugas sebagai magister Novis dari Provinsi Bangalore.

Dalam Kapitel Umum XXIII, yang diadakan di Roma pada tahun 2003, ia terpilih sebagai Konsultator Umum dan Prefek Formasi. Lalu, pada tahun 2009 ia terpilih kembali ke tugas yang sama.

Dalam Kapitel Umum XXV ia terpilih sebagai Superior General ke-13, dan pada kapitel yang ke-26 sekarang ini ia kembali dipercayakan sebagai Superior General untuk enam tahun ke depan. (Ringkasan Kapitel Umum XXVI oleh Frs. Bady & Nus W.)