Nemi, Italia. 1 September 2021. Bulan baru tiba dan dengan itu, doa kami menjadi melodi untuk megawali hari yang dikhususkan bagi pemilihan para penasihat dan prefek general, yang akan menemani Superior Jenderal kita selama masa jabatan enam tahun ke depan.

Para saudara dari Provinsi Jerman mempersiapkan dan memimpin ibadat pagi untuk pemeliharaan bumi rumah kita bersama. Hal ini mengingatkan kita pada saudara-saudara dari Gereja Ortodoks, yang memulai tahun gerejawi pada tanggal 1 September dengan peringatan penciptaan dunia. Kita sebagai umat Katolik diundang juga untuk mendedikasikan waktu bagi pemeliharaan ciptaan selama perayaan yang dimulai pada tanggal 1 September (Hari Doa untuk Penciptaan) dan akan berakhir pada tanggal 4 Oktober (pesta Santo Fransiskus dari Assisi). Kami juga merayakan hari ulang tahun dari saudara kita Emmanuel Linus Olowo, dari Provinsi Nigeria Barat.

Dalam ruang kapitel, Firman Tuhan menyinari hari pemilihan dengan pembacaan teks Injil tentang pemilihan dua belas rasul. Meja general sebelumnya dipimpin oleh: P. Mathew Vattamattam, CMF, sebagai superior general, P. Gonzalo Fernandez, CMF sebagai vikaris dan sekretaris, P. Joseba Kamiruaga, CMF. Setelah menyetujui risalah hari sebelumnya, para bapa Kapitel beralngkah menuju pemilihan dewan general baru.

Di hadapan para bapa kapitel yang hadir, dibacakan beberapa nomor dari konstitusi dan direktori yang terkait dengan pemilihan dan penerimaan jabatan. Selain itu, para Claretian yang hadir, yang telah menerima hasil pemungutan suara hari sebelumnya itu, diberi kesempatan untuk berbicara sesuai keinginan mereka – apabila memiliki alasan atau halangan untuk menerima jabatan kepimpinan baru, yang terpilih dengan suara mayoritas mutlak.

Dengan langkah-langkah tepat, penghitungan suara, konsultasi dan penerimaan secara formal para dewan baru yang terpilih – maka inilah para penasehat dan prefek general untuk priode enam: 2021-2027: Prefek Kerasulan (P. Pedro Belderrain, CMF); Prefek Spiritualitas dan Hidup Komunitas (P. Carlos Sancez, CMF); Prefek Formasi (P. Joseph Mbungu CMF); Prefek Kerasulan Kaum Muda dan Panggilan (Br. Carlos Verga, CMF); Prfeck Bidang Kitab Suci dan Komunikasi (P. Henry Omonisaye, CMF); Prefek Ekonomi (P. Manuel Tamargo, CMF).

Para bapa kapitel menunjukan rasa gembira dan menyampaikan salam kepada dewan general yang baru dengan tepuk tangan yang meriah – dan juga mengucap terima kasih kepada saudara-saudara kita: P. Artur Teixeira CMF dan P. Gonzalo Fernandez CMF – atas jasa mereka pada misi dan kehidupan Kongregasi selama jabatan yang telah berlalu. P Artur selama enam tahun dan P. Gonzalo selama delapan belas tahun.

Pada sore hari, para bapa kapitel membahas berbagai usulan dari komisi pra-kapitel, menyangkut interkulturalitas dan misi. Kemudian, selama perayaan ekaristi yang dimpimpin oleh pater general dan dewanya – kami semua bersatu syukur kepada TUHAN, atas pemerintahan yang baru, yang akan melanjutkan misi sebagaimana telah dimulai oleh kempemimpinan lama. Sebelum perayaan ekaristi berakhir, Pater Mattew Vattamattam – mengumumkan pengukuhan P. Joseba Kamiruaga, CMF sebagai sekretaris general; dan pengangkatan P. Henry Omonisaye, CMF sebagai vikaris general.

Kita berharap, para saudara yang dipercayakan ini, memiliki pelayanan yang berakar ke dalam dan berani keluar; membumi dan berbuah. Semoga Roh Tuhan yang ada pada mereka hari ini, memungkinkan mereka untuk hidup dalam persekutuan dan menemani mereka sepanjang perjalanan mereka. (Ringkasan Kronik Kapitel Umum XXVI oleh Frs. Ponsy & Mito)