Nemi, Italia. 7 September 2021. Dengan hati yang penuh rasa syukur atas lima ratus tahun iman Katolik di Filipina, kami sekaligus merayakan tujuh puluh lima tahun kehadiran Claretian di kepulauan itu. Pada saat doa dan awal sesi pertama pagi itu, kami dipenuhi dengan wajah saudara-saudari yang berbagi hidup dan misi di wilayah tersebut.

Setelah membaca dan menyetujui hasil laporan sehari sebelumnya, kami memulai pekerjaan pribadi untuk memperluaskan komitmen yang akan diwujudkan dalam tindakan nyata sesuai kehendak Allah dan mimpi kongregasi dalam enam tahun ke depan. Buah dari refleksi ini kemudian disatukan ke dalam tiga komitmen kelompok untuk masing-masing dari tujuh rancangan sesuai mimpi kongregasi. Kembali ke gedung pertemuan kapitel, komisi mengumpulkan dan menyusun draft yang telah kami bagikan bersama dalam pertemuan untuk mempresentasikan rancangan terakhir yang mengacu pada inisial dan formasi yang berkelanjutan. Para bapa kapitel melakukan kontribusi yang mereka anggap relevan dan kemudian dilanjutkan dengan memberikan suara pada rancangan kongregasi.

Waktu yang tersisa hari itu, kami bekerja lagi dalam tujuh kelompok dengan tujuan mengkonkretkan komitmen masing-masing dari tujuh rancangan yang disetujui di dalam pertemuan kapitel. Di penghujung hari, kami berbagi dalam pertemuan untuk memadu dan memperluaskan karya besar pada masing-masing kelompok, dengan menyisakan waktu bagi para peserta kapitel untuk bereaksi terhadap apa yang telah mereka dengar.

Hari itu diakhiri dengan pesta yang diselenggarakan oleh saudara-saudara kita dari Filipina pada malam pesta Perawan Maria. (Ringkasan Kronik Kapitel Umum XXVI oleh Frs. Rego & Yandri)