Aimutin, Dili – Timor Leste. Bertempat di Gereja Provisória Parókia São José Aimutin, Dili, Minggu, 1 September 2019, telah berlangsung Misa Agung Pembukaan Bulan Kitab Suci. Dalam arak-arakan menuju Altar Ekaristis, Alkitab Besar dan Kecil dibawa oleh 12 pasang Keluarga Katolik, dan diiringi Tarian Likurai, untuk mengagungkan Kitab Suci, yang selain Buku Suci, Hukum Allah, Sejarah Keselamatan Manusia, Sabda Allah, Kebenaran, Pedoman Hidup juga sekaligus Diri Pribadi Sang Kristus itu sendiri. Misa Kudus dihadiri ribuan umat Katolik, awam dan religius, juga dirayakan bersama oleh Pastor Paroki, Emanuel Lelo Talok, CMF, Pastor Jose Siquiera, Cavanis dan Pastor Lord Winner, CMF.

Dalam homilinya Pastor Selebran, Emanuel Lelo Talok, CMF menandaskan bahwa Dei Verbum nomor 22 mengundang agar pintu masuk kepada Alkitab dibuka lebar-lebar kepada Umat Allah. Karena dengan mengenal Kitab Suci, kita kian mengenal, mencintai, menghidupi dan mewartakan Kristus secara tepat. Ada empat hal penting berkaitan dengan perayaan Bulan Kitab Suci adalah: Pertama, Orang Kristen harus memiliki dan membaca Kitab Suci (Kitab). Kedua, Orang Kristen harus mendengarkan dan menerima Sabda Kristus, mengimaninya (Pewartaan). Ketiga, Segala kebaikan Allah lewat kesaksian hidup yang tak terkatakan adalah juga Sabda Allah yang mengilhami kita setiap waktu (Kesaksian). Keempat, Sang Sabda adalah Kristus itu sendiri (Sang Sabda Asali).

Dalam pesan singkatnya, Pastor Lord Winner yang juga adalah Pimpinan Procura Misio CMF sedunia di Roma, mengharapkan bahwa Umat Allah di Timor Leste, bisa dengan semangat misioner menolong karya misi Claretian, yang juga memberi kepentingan bagi tugas pelayanan Sabda.

Inácio Moreira sebagai Wakil Ketua Dewan Paroki menghimbau agar Umat memanfaatkan Bulan Kitab Suci ini dengan baik, agar bisa memetik hasil iman nantinya.

Kegiatan Bulan Alkitab 2019 ini akan diisi dengan kegiatan “Formasaun Liturjía no Bíblia nian” yang akan berlangsung selama tiga hari Sabtu di tiga tempat berbeda yakni di Stasi Foho Fehan (Lesibutak), 7 September diikuti sekitar 300 peserta, di Stasi Tasifeto Motaain, 21 September diikuti sekitar 300 peserta dan di Pusat Paroki yakni Regio Raiklaran dan Tasimane di Fomento 1, diikuti sekitar 300 peserta. Tema formasi adalah tentang Kitab Suci, Ekaristi dan Kepemimpinan Kristen. Tema dipersiapkan oleh Pastor Emanuel Lelo Talok, CMF, Pastor Joel Pinto, OFM dan Pastor Johanes Hans, OFM juga Suster Margareth, ACI.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama yang baik antara Komisi Kitab Suci dan Komisi Liturgi Paroki. Ketua Panitia Bulan Kitab Suci 2019 ini adalah Dr. José António yang juga adalah Wakil Ketua 2 Dewan Pastoral Paroki São José Aimutin, Dili, Timor Leste. (Pe. Emanuel L. Talok, cmf)