BENLUTU – Indonesia. Keheningan dan doa merupakan ciri khas hidup di novisiat. Demikianlah yang sedang dicari oleh para postulan dari Komunitas Pra-Novisiat Claret (PNC) Kupang. Mereka datang dengan rasa antusiasme tinggi, penuh sukacita, semangat dan sangat mendalami setiap kegiatan yang dilakukan bersama para novis. Para postulan melaksanakan orientasi hidup novisiat di Komunitas Novisiat Benlutu.

Orientasi ini merupakan bagian dari program yang dibuat oleh Komunitas PNC. Tujuan yang ingin digapai dalam program ini adalah agar para postulan yang adalah juga para calon novis mempelajari cara hidup di novisiat sehingga nantinya para postulan dapat dengan mudah mengadaptasi diri saat memulai masa novisiat secara kanonik. Para postulan yang menjalani masa orientasi ini berjumlah 24 orang. Terhitung selama 10 hari mereka menjalani masa orientasi ini, yakni 4-13 Januari 2020.

Yohanes Mangge, CMF selaku pendamping postulan ketika mengantar para postulan menuturkan bahwa para postulan menginginkan suasana baru dalam spasi yang baru. Sementara itu, P. Antimus Melvianus Mali, CMF selaku magister novis menjelaskan bahwa dalam kurun waktu selama sepuluh hari, aturan hidup, kerasulan, pembagian kerja dan kamar tidur para postulan akan disesuaikan dengan pola hidup, kerasulan, kerja dan kamar tidur para novis. Hal lain yang dijelaskan oleh P. Mus adalah kedisiplinan selama aktivitas-aktivitas harian tersebut dijalankan.

Adapun kegiatan-kegiatan yang mereka jalani adalah seputar kegiatan hidup harian di Komunitas Novisiat. Kegiatan-kegiatan itu antara lain, doa, kerja, olahraga, makan, rekreasi dan kerasulan. Adapun juga malam panggung dilaksanakan bersama para novis sebagai ungkapan kegembiraan setelah hampir seminggu hidup bersama sebagai saudara. Selamat berjumpa kembali di bulan Juli 2020 dengan harapan datang dengan jumlah yang sama seperti masa orientasi ini. Tetap semangat untuk kalian para postulan! (Febri Yarjon dan Mario F. Cole Putra, CMF)